“SANG MACAN
PUTIH DARI PULAU JAWA”
Beliau adalah Hadlorotusy Syaikh KH.
Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy, lahir pada sekitar tahun 1908 M. di desa
Soditan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang dari pasangan KH. Sulaiman dengan Hj.
Nyai Khodijah (Qolmini). Dari jalur ayah nasab beliau bersambung ke Asy-Syaikh
As-Sayyid Mutamakkin Kajen Pati yang bersambung ke Asy-Syaikh As-Sayyid Achmad
Rohmatulloh (Sunan Ampel) sampai ke Baginda Rosululloh SAW.
Sejak usia dini Asy-Syaikh KH.
Mashduqie dididik oleh Ayahandanya sendiri, kemudian ketika menginjak remaja
atas petunjuk KH. Sulaiman (Ayah Beliau) dan pamannya KH. Thoyyib, Beliau
melanjutkan jenjang pendidikannya di Ponpes Termas yang diasuh oleh Asy Syaikh
KH. Dimyati bin Abdullah yang merupakan adik dari Asy Syaikh KH. Mahfudz bin
Abdullah (Murid dari Pengarang Kitab I’anatuth Tholibin) yang disemayamkan di
Makkah, sedangkan Asy Syaikh KH. Dimyati bin Abdullah disemayamkan di Termas.
Beliau menimba ilmu disitu selama 11 tahun dengan rincian 3 tahun belajar dan 8
tahun mengajar, salah satu dari sekian banyak murid beliau ditermas adalah KH.
Hamid Pasuruan. Kemudian Beliau melanjutkan pendidikannya pada Asy-Syaikh KH.
Masyhud (Pacitan).
Setelah keluar dari Pondok Termas Beliau
kembali melanjutkan pendidikannya ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarromah selama 6
tahun. Disana beliau belajar kepada Asy Syaikh Umar Hamdan Al-Maghrobi dan Asy
Syaikh Muhammad Ali Al-Maliki Al-Hasani Al-Maghrobi, sampai-sampai Beliau
dipercaya menjadi Pengajar di Haromain. Di sana murid-murid Beliau banyak yang
dari Tanah Air Indonesia, diantaranya adalah KH. Bisyri Musthofa dari Rembang,
KH. Masyhuri dari Rejoso Jombang, dan lain-lain.
Beliau mendapat gelar Asy-Syaikh
dikarenakan termasuk salah satu Ulama’ Indonesia yang mengajar di Masjidil
Harom, pada waktu itu sebutan Syaikh dimiliki oleh 3 orang Ulama’, yaitu Syaikh
Mashduqi Al-Lasimy, Syaikh Mahfudz Termas (Kakak kandung Syaikh Dimyati) dan
Syaikh Yasin Al-Fadany.
Setelah pulang dari Mekkah beliau
bertemu dengan Asy Syaikh KH. Sayyid Dahlan, Beliau adalah salah satu Masyayikh
di Pekalongan. Beliau menikahkan Putrinya (Nyai Hj. Ma’rifah) dengan
Hadlorotusy Syaikh KH. Mashduqie dan mendirikan Pondok Pesantren di Pekalongan,
murid-murid beliau yang ada di Termas banyak yang pindah ke Pekalongan dengan
harapan dapat melanjutkan belajarnya pada Beliau.
Beliau sangat terkenal akan
kealimannya, banyak beberapa hasil karya tulis beliau dari beberapa Fann Ilmu,
setiap beliau mengaji suatu kitab, beliau pasti menerangkan panjang lebar
seakan mensyarahi kitab tersebut.
Setelah beberapa tahun tinggal di
Pekalongan, beliau kembali lagi ke Lasem Atas permintaan warga Lasem, dan
mendirikan Pondok Pesantren Al-Ishlah pada Tahun 1950 M. Banyak orang
berdatangan dari berbagai penjuru untuk menimba Ilmu pada beliau, diantaranya
dari Pulau Jawa dan juga Luar Jawa, seperti Madura, Kalimantan, Sumatera dan
Sulawesi.
Sebelum adanya bangunan Ponpes
Al-Ishlah, tanah yang akan dijadikan Pesantren tersebut merupakan tempat Judi,
Pelacuran dan tempat pembantaian PKI. Jauh-jauh hari sebelum Syaikh Mashduqi
dilahirkan, pejabat desa setempat mengeluh kepada Sayyid Abdurrohman (Mbah
Sareman) --seorang Ulama’ dari Tuban yang bertempat di Lasem yang terkenal ke
waliaannya-- dengan mengatakan “Mbah gimana tempat itu kok dibuat sarang
ma’shiyat?” lalu Mbah Sareman mengatakan bahwa “akan ada Harimau Putih dari
barat melewati sungai yang akan menempati tempat itu, dan tanah itu akan
menjadi tempat (produksi) Ulama di Tanah Jawa”.
Yang dimaksud dengan “Harimau Putih”
adalah Asy-Syaikh KH. Mashduqi dan yang dimaksud “Sungai” adalah sungai Bagan
yang terletak ± 700 M sebelah barat tanah Ponpes Al-Ishlah.
Diantara murid-murid beliau adalah
KH. Ishomuddin (Pati), KH. Salim (Madura), KH. Mahrus Ali (Liriboyo, Kediri),
KH. Zayadi (Probolinggo), KH. Abdullah Faqih (Langitan), KH. Miftahul Akhyar
(Surabaya) Rois Suryah PWNU Jawa Timur, KH. Jazim Nur (Pasuruan), KH. Nur
Rohmat (Pati), KH. Zuhdi Hariri (Pekalongan), KH. Taufiq (Pekalongan) Penasehat
Thoriqoh An-Naqsyabandi Al-Haqqani, KH. Abdul Ghoni (Cirebon), KH. Nur Rohmat
(Pati), KH. Abdul Mu’thi (Magelang) KH. Abdulloh Schal (Bangkalan, Madura), KH.
Mashduqi (Cirebon) KH. Maktum (Cirebon), KH. Syaerozi (Cirebon) dan masih
banyak lagi yang lainnya.
Hadlorotusy Syaikh KH. Mashduqie
Al-Lasimy termasuk runtutan pewaris Tanah Jawa setelah kurun Asy-Syaikh Asnawi
Banten yang dikenal sebagai simbol Tombak Mangku Mulyo (Quthbul Jawi), simbol
tersebut merupakan warisan dari Asy-Syaikh Subakir, orang pertama Pembabat
Tanah Jawa.
Pada tahun 1975 M. beliau kembali ke
Rohmatullah, tepatnya tanggal 17 Jumadil Akhir Tahun 1396 H. dan disemayamkan
di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Dan pada tahun itu pula Ponpes Al-Ishlah
diteruskan oleh putranya, yaitu Asy-Syaikh KH. Chakim Mashduqie.
Biografi Singkat Asy-Syaikh KH.
Chakim Mashduqie.
Asy-Syaikh KH. Chakim Mashduqie
dilahirkan pada sekitar tahun 1942 M. Beliau merupakan salah seorang putra dari
Hadlorotusy Syaikh KH. Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy.
Pendidikan beliau diperoleh dari
ayahanda beliau sendiri Hadlorotusy Syaikh
KH. Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy. Pada usia 12 tahun beliau sudah mengajarkan kitab Jam’ul Jawami’. Beliau mencurahkan Fikirannya pada beberapa Fann Ilmu Khususnya Ilmu Tauhid, sehingga beliau mampu mencetuskan sebuah karya tulis berlatar keUluhiyaan (Tauhid) yang berbentuk Sya’ir pada saat usia yang relatif muda yaitu 17 Tahun, karya tulis yang berbentuk Syair itu dinamai “Nadzom Ibnu Lasimy”. Kemudian Beliau mensyarahi kitab tersebut pada usia 40 tahun dan diberi nama “Adz Dzakhoirul Mufidah” yang sampai saat ini sudah tersebar di Bangladesh, Mekkah, Yaman, dan lain-lain. Tidak berhenti disitu, beliau juga mencurahkan Fikirannya pada Ilmu-ilmu yang bersifat Religi lainnya, diantaranya Karya tulis beliau yang berhubungan dengan Hadits-hadits Rosululloh SAW. yang dinamai dengan “Ghoyatul Marom Fi Ahaditsil Ahkam”.
KH. Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy. Pada usia 12 tahun beliau sudah mengajarkan kitab Jam’ul Jawami’. Beliau mencurahkan Fikirannya pada beberapa Fann Ilmu Khususnya Ilmu Tauhid, sehingga beliau mampu mencetuskan sebuah karya tulis berlatar keUluhiyaan (Tauhid) yang berbentuk Sya’ir pada saat usia yang relatif muda yaitu 17 Tahun, karya tulis yang berbentuk Syair itu dinamai “Nadzom Ibnu Lasimy”. Kemudian Beliau mensyarahi kitab tersebut pada usia 40 tahun dan diberi nama “Adz Dzakhoirul Mufidah” yang sampai saat ini sudah tersebar di Bangladesh, Mekkah, Yaman, dan lain-lain. Tidak berhenti disitu, beliau juga mencurahkan Fikirannya pada Ilmu-ilmu yang bersifat Religi lainnya, diantaranya Karya tulis beliau yang berhubungan dengan Hadits-hadits Rosululloh SAW. yang dinamai dengan “Ghoyatul Marom Fi Ahaditsil Ahkam”.
0 komentar:
Posting Komentar