KH. M.
Munawwir adalah putra KH. Abdullah Rosyad bin KH. Hasan Bashari. Dahulu,
ada seorang ulama pejuang, KH. Hasan Bashari namanya, atau yang lebih dikenal
dengan nama Kyai Hasan Besari ajudan Pangeran Diponegoro. Beliau sangat ingin
menghafalkan Kitab Suci al-Quran namun terasa berat setelah mencobanya
berkali-kali. Akhirnya beliau melakukan riyadhah dan bermujahadah, hingga suatu
saat Allah Swt. mengilhamkan bahwa apa yang dicita-citakan itu baru akan
dikaruniakan kepada keturunannya.
Begitu pula anak beliau, KH.
Abdullah Rosyad, selama 9 tahun riyadhah menghafalkan al-Quran, ketika berada
di Tanah Suci Makkah, beliau mendapat ilham bahwa yang akan dianugerahi hafal
al-Quran adalah anak-cucunya.
KH. Abdullah Rosyad dikaruniai 11
orang anak dari 4 orang istri, salah satunya adalah KH. M. Munawwir yang
merupakan buah pernikahan beliau dengan Nyai Khadijah (Bantul).
Masa Belajar
KH. M. Munawwir
Guru pertama beliau adalah Ayah
beliau sendiri. Sebagai targhib (penyemangat) nderes al-Quran, Sang Ayah
memberikan hadiah sebesar Rp 2,50 jika dalam tempo satu minggu dapat
mengkhatamkannya sekali. Ternyata hal ini terlaksana dengan baik, bahkan terus
berlangsung sekalipun hadiah tak diberikan lagi.
KH. M. Munawwir tidak hanya belajar
qira’at (bacaan) dan menghafal al-Quran, tetapi juga ilmu-ilmu lain yang beliau
timba dari para ulama di masa itu, diantaranya;
• KH. Abdullah (Kanggotan – Bantul)
• KH. Abdullah (Kanggotan – Bantul)
• KH. Shalih (Darat – Semarang)
• KH. Abdurrahman (Watucongol – Magelang)
Setelah itu, pada tahun 1888 M.
beliau melanjutkan pengajian al-Quran serta pengembaraan menimba ilmu ke
Haramain (dua Tanah Suci), baik di Makkah al-Mukarramah maupun di Madinah
al-Munawwarah. Adapun Guru-guru beliau di sana antara lain;
• Syaikh Abdullah Sanqara
• Syaikh Syarbini
• Syaikh Mukri
• Syaikh Ibrahim Huzaimi
• Syaikh Manshur
• Syaikh Abdus Syakur
• Syaikh Mushthafa
• Syaikh Yusuf Hajar (Guru beliau dalam qira’ah
sab’ah)
Pernah dalam suatu perjalanan dari Makkah
ke Madinah, tepatnya di Rabigh, beliau berjumpa dengan seorang tua yang tidak
beliau kenal. Pak Tua mengajak berjabat tangan, lantas beliau minta didoakan
agar menjadi seorang hafidz al-Quran sejati. Lalu Pak Tua menjawab:
“Insyaa-Allah.” Menurut KH. Arwani Amin (Kudus), orang tua itu adalah
Nabiyullah Khadhir As.
KH. M. Munawwir ahli dalam qira’ah
sab’ah (7 bacaan al-Quran). Dan salah satunya adalah qira’ah Imam ‘Ashim
riwayat Imam Hafsh. Berikut inilah Sanad Qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh KH. M.
Munawwir sampai kepada Nabi Muhammad Saw. yaitu dari:
1) Syaikh Abdulkarim bin Umar al-Badri ad-Dimyathi,
dari
2) Syaikh Isma’il, dari
3) Syaikh Ahmad ar-Rasyidi, dari
4) Syaikh Mushthafa bin Abdurrahman al-Azmiri, dari
5) Syaikh Hijaziy, dari
6) Syaikh Ali bin Sulaiman al-Manshuriy, dari
7) Syaikh Sulthan al-Muzahiy, dari
8) Syaikh Saifuddin bin ‘Athaillah al-Fadhaliy, dari
9) Syaikh Tahazah al-Yamani, dari
10) Syaikh Namruddin ath-Thablawiy, dari
11) Syaikh Zakariyya al-Anshari, dari
12) Syaikh Ahmad al-Asyuthi, dari
13) Syaikh Muhammad ibn al-Jazariy, dari
14) Al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Khaliq al-Mishri
asy-Syafi’i, dari
15) Al-Imam Abi al-Hasan bin asy-Syuja’ bin Salim bin
Ali bin Musa al-‘Abbasi al-Mishri, dari
16) Al-Imam Abi Qasim asy-Syathibi, dari
16) Al-Imam Abi Qasim asy-Syathibi, dari
17) Al-Imam Abi al-Hasan bin Huzail, dari
18) Ibnu Dawud Sulaiman bin Najjah, dari
19) Al-Hafidz Abi ‘Amr ad-Daniy, dari
20) Abi al-Hasan ath-Thahir, dari
21) Syaikh Abi al-‘Abbas al-Asynawiy, dari
22) ‘Ubaid ibnu ash-Shabbagh, dari
23) Al-Imam Hafsh, dari
24) Al-Imam ‘Ashim, dari
25) Abdurrahman as-Salma, dari
26) Sadatina Utsman bin ‘Affan, ‘Ubay bin Ka’ab, Zaid
bin Tsabit, ‘Ali bin Abi Thalib, dari
27) Rasulullah Muhammad Saw. Dari
28) Robbul ‘Alamin Allah Swt. dengan perantaraan
Malaikat Jibril As.
Beliau menekuni al-Quran dengan
riyadhah, yakni sekali khatam dalam 7 hari 7 malam selama 3 tahun, lalu sekali
khatam dalam 3 hari 3 malam selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam sehari
semalam selama 3 tahun, dan terakhir adalah riyadhah membaca al-Quran selama 40
hari tanpa henti hingga mulut beliau berdarah karenanya.
Setelah 21 tahun menimba ilmu di
Tanah Suci, beliau pun kembali ke kediaman beliau di Kauman, Yogyakarta, pada
tahun 1909 M.
Akhlaq KH.
M. Munawwir
KH. M. Munawwir selalu memilih awal
waktu untuk menunaikan shalat, lengkap dengan shalat sunnah Rawatibnya. Shalat
Witir beliau tunaikan 11 raka’at dengan hafalan al-Quran sebagai bacaannya.
Begitu juga dalam mudawamah beliau terhadap shalat Isyroq (setelah terbit
matahari), shalat Dhuha dan shalat Tahajjud.
Beliau mewiridkan al-Quran tiap
ba’da Ashar dan ba’da Shubuh. Walau sudah hafal, seringkali beliau tetap
menggunakan Mushaf. Bahkan kemanapun beliau bepergian, baik berjalan kaki
maupun berkendara, wirid al-Quran tetap terjaga. Beliau mengkhatamkan al-Quran
sekali tiap satu minggu, yakni pada hari Kamis sore. Demikianlah beliau
mewiridkan al-Quran semenjak berusia 15 tahun.
Waktu siang beliau lewatkan dengan
mengajarkan al-Quran, dan di waktu senggang beliau masuk ke dalam kamar khusus
(dahulu terletak di sebelah utara Masjid) untuk bertawajjuh kepada Allah Swt.
Sedangkan di malam hari beliau istirahat secara bergilir di antara istri-istri
dengan demikian adilnya.
Beliau memiliki 5 orang istri, adapun istri kelima,
dinikahi setelah wafatnya istri pertama, yakni;
1. Nyai R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
1. Nyai R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
2. Nyai Hj. Sukis (Wates Yogyakarta)
3. Nyai Salimah (Wonokromo Yogyakarta)
4. Nyai Rumiyah (Jombang – Jawa Timur)
5. Nyai Khadijah (Kanggotan – Yogyakarta)
Begitulah KH. M. Munawwir hidup
beserta keluarga di tengah ketenangan, kerukunan, istiqamah dan wibawa, dengan
berkah al-Quran al-Karim.
Orang hafal al-Quran (Hafidz) yang
beliau akui adalah orang yang bertakwa kepada Allah, dan shalat Tarawih dengan
hafalan al-Quran sebagai bacaannya.
Begitu besar pengagungan beliau
terhadap al-Quran, sampai-sampai undangan Haflah Khatmil Quran hanya beliau
sampaikan kepada mereka yang jika memegang Mushaf al-Quran selalu dalam keadaan
suci dari hadats.
Pernah terjadi seorang santri asal
Kotagede dengan sengaja memegang Mushaf al-Quran dalam keadaan hadats. Setelah
diusut oleh KH. M. Munawwir, akhirnya santri tersebut mengakuinya. Atas
pengakuannya, si santri dita’zir, kemudian dikeluarkan dari Pesantren dalam
keadaan sudah menghafalkan al-Quran 23,5 juz.
Setiap setengah bulan sekali beliau
memotong rambut. Juga tak pernah diketahui membuka tutup kepala, selalu
tertutup, baik itu dengan kopyah atau sorban maupun keduanya. Menggunting kuku
selalu beliau lakukan tiap hari Jum’at.
Pakaian beliau sederhana namun
sempurna untuk melakukan ibadah, rapi dan bersetrika. Jubah, sarung, sorban,
kopyah dan tasbih selalu tersedia. Pakaian dinas Kraton Yogyakarta selalu
beliau kenakan ketika menghadiri acara-acara resmi Kraton. Untuk bepergian,
beliau sering mengenakan baju jas hitam, sorban, dan sarung.
Beliau tidak suka makan sampai
kenyang, terlebih lagi di bulan Ramadhan, yakni cukup dengan satu cawan nasi
ketan untuk sekali makan. Jika ada pemberian bantuan dari orang, beliau
pergunakan sesuai dengan tujuan pemberinya. Jika ada kelebihan, maka akan
dikembalikan lagi kepada pemberinya.
Walau beliau termasuk dalam Abdi
Dalem (anggota dalam) Kraton, namun beliau tidak suka mendengarkan pementasan
Gong Barzanji. Sebagai hiburan, beliau senang sekali mendengarkan lantunan
shalawat-shalawat, Burdah dan tentunya Tilawatil Quran.
Para santri beliau perintahkan untuk
berziarah di Pemakaman Dongkelan tiap Kamis sore. Tiap berziarah, beliau
membaca surat Yasin dan Tahlil. Apabila terjadi suatu peristiwa yang menyangkut
ummat pada umumnya, beliau mengumpulkan semua santri untuk bersama-sama
tawajjuh dan memanjatkan do’a kehadirat Allah, biasanya dengan membaca shalawat
Nariyyah 4.444 kali atau surat Yasin 41 kali.
Selain mengasuh santri, beliau tak
lantas meninggalkan tugas sebagai kepala rumah tangga. Tiap ba’da Shubuh,
beliau mengajar al-Quran kepada segenap keluarga dan pembantu rumah tangga.
Nafkah dari beliau, baik untuk istri-istri maupun anak-anak, selalu cukup
menurut kebutuhan masing-masing. Suasana keluarga senantiasa tenang, tenteram,
rukun, dan tidak sembarang orang keluar-masuk rumah selain atas ijin dan
perkenan dari beliau.
Hampir-hampir beliau tak pernah
marah kepada santrinya, selain dalam hal yang mengharuskannya. Pernah suatu
waktu beliau tiduran di muka kamar santri, tiba-tiba bantal yang beliau pakai
diambil secara tiba-tiba oleh seorang santri, sampai terdengar suara kepala
beliau mengenai lantai. Lantas beliau memanggil santri yang mengambil bantal
tadi seraya berkata: “Nak… saya pinjam bantalmu, karena bantal yang saya pakai
baru saja diambil oleh seorang santri.”
Seringkali beliau memberikan sangu
kepada santri yang mohon ijin pulang ke kampung halamannya, dan sangat
memperhatikan kehidupan santri-santrinya. Para santri pun dianjurkan untuk
bertamasya ke luar pesantren, biasanya sekali tiap setengah bulan, sebagai
pelepas penat.
Sebagai layaknya seorang ulama, KH.
M. Munawwir juga akrab dan sering mendapat kunjungan dari para ulama lain,
diantaranya;
1) Murid-murid Syaikh Yusuf Hajar dari Madinah
2) KH. Sa’id (Gedongan – Cirebon)
3) KH. Hasyim Asy’ari (Jombang)
4) KH. R. Asnawi (Kudus)
5) KH. Manshur (Popongan)
6) KH. Siroj (Payaman – Magelang)
7) KH. Dalhar (Watucongol – Magelang)
8) KH. Ma’shum (Lasem)
9) KH. R. Adnan (Solo)
10) KH. Dimyati (Tremas – Pacitan)
11) KH. Idris (Jamsaren – Solo)
12) KH. Abbas (Buntet – Cirebon)
13) KH. Siroj (Gedongan – Cirebon)
14) KH. Harun (Kempek – Cirebon)
15) KH. Muhammad (Tegalgubuk – Cirebon)
16) Para Kyai dari Jombang dan Pare
17) Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX
18) B.R.T. Suronegoro
19) KH. Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan teman semasa
belajar di Tanah Suci.
Selain dikunjungi, beliau juga
kerapkali mengadakan kunjungan balasan terhadap para ulama yang lain, seperti
kepada KH. Hasyim Asy’ari (Jombang), KH. Ahmad Dahlan (Yogyakarta), maupun yang
lainnya.
Beliau juga mendapat kepercayaan
dari pihak Kraton untuk menjadi anggota JEMANGAH, yakni jama’ah shalat tetap
yang terdiri dari 41 orang ulama, dimaksudkan sebagai penolak bencana Negara.
Dakwah KH.
M. Munawwir
Sepulang dari Makkah pada tahun 1909
M, beliau lantas mendakwahkan al-Quran di sekitar kediaman beliau di Kauman.
Tepatnya di sebuah langgar kecil milik beliau, tempat tersebut sekarang sudah
menjadi Gedung Nasyiatul ‘Aisyiyyah Yogyakarta.
Lantas pindah ke Gading, tinggal
bersama kakak beliau, KH. Mudzakkir. Namun karena berbagai sebab, juga atas
saran dari KH. Sa’id (Pengasuh Pesantren Gedongan, Cirebon), pada tahun 1910 M
beliau pun hijrah ke Krapyak setelah selesainya pembangunan tempat tinggal dan
komplek pesantren di sana, di tanah milik Bapak Jopanggung yang kemudian dibeli
dengan uang amal dari Haji Ali.
Pada 15 November 1910, Pesantren
Krapyak mulai ditempati untuk mengajar al-Quran. Dilanjutkan dengan pembangunan
Masjid atas prakarsa KH. Abdul Jalil.
Konon, KH. Abdul Jalil dalam memilih
tempat untuk pembangunan masjid, adalah dengan menggariskan tongkatnya di atas
tanah sehingga membentuk batas-batas wilayah yang akan dibangun masjid. Dengan
kehendak Allah, wilayah yang dilingkupi garis itu tidak ditumbuhi rumput.
KH. M. Munawwir selalu mengerahkan
segenap santri untuk melakukan amaliyah membaca surat Yasin tiap selesai
pembangunan berlangsung. Pembangunan terus berlanjut secara bertahap, mulai
dari masjid, akses jalan, dan gedung komplek santri hingga tahun 1930 M.
Di Pesantren Krapyak inilah beliau
memulai berkonsentrasi dalam pengajaran al-Quran. Para santri sangat
menghormati beliau, bukan karena takut, melainkan karena haibah, wibawa beliau.
Pengajian pokok yang diasuh langsung
oleh KH. M. Munawwir adalah Kitab Suci al-Quran, yakni terbagi atas 2 bagian;
BIN-NADZOR (membaca) dan BIL-GHOIB (menghafal). Santri bermula dari surat
al-Fatihah, lantas Lafadz Tahiyyat sampai dengan shalawat Aali Sayyidina
Muhammad, kemudian surat an-Nas sampai surat an-Naba’, baru kemudian surat
al-Fatihah diteruskan ke surat al-Baqarah sampai khatam surat an-Nas.
Selain itu, pengajian kitab-kitab
juga digelar sebagai penyempurna. Suatu hari pada tahun 1910, seorang santri
dari Purworejo, yang dianggap mampu oleh beliau diperintahkan: “Ajarkanlah ilmu
fiqh kepada santri-santri di hari Jum’at, biarlah mereka mengenal air.”
Begitu seterusnya berkembang, baik
kitab fiqh maupun tafsir, makin menonjol disamping pengajian al-Quran yang
utama. Beliau mengajar secara sistem MUSYAFAHAH, yakni sorogan, tiap santri
langsung membaca di hadapan beliau. jika ada kesalahan beliau langsung
membetulkannya.
Adab (Tata Krama) dalam pengajian
al-Quran sangat beliau tekankan kepada para santri. Berbagai aturan dan
ta’ziran beliau berlakukan terhadap para santri. Untuk santri yang telah
khatam, maka dipanjatkanlah doa untuknya langsung oleh KH. M. Munawwir, lantas
diberikanlah baginya sebuah Ijazah, yang intinya berisi pengakuan ilmu dari
guru kepada muridnya serta Tarattubur-Ruwat (Urutan Riwayat) atau Sanad dari
Sang Guru sampai kepada Rasulullah Saw. secara lengkap.
Banyak diantara murid-murid beliau
yang juga meneruskan perjuangan di kampung masing-masing, berupa mendakwahkan
Islam pada umumnya, dan pengajaran al-Quran pada khususnya. Misal;
1. KH. Arwani Amin (Kudus)
2. KH. Badawi (Kaliwungu – Semarang)
3. Kyai Zuhdi (Nganjuk – Kertosono)
4. KH. Umar (Pesantren Al-Muayyad, Mangkuyudan – Solo)
5. Kyai Umar (Kempek – Cirebon)
6. KH. Noor (Tegalarum – Kertosono)
7. KH. Muntaha (Pesantren Al-Asy’ariyyah, Kalibeber –
Wonosobo)
8. KH. Murtadha (Buntet – Cirebon)
9. Kyai Ma’shum (Gedongan – Cirebon)
10. KH. Abu Amar (Kroya)
11. KH. Suhaimi (Pesantren Tamrinus Shibyan, Benda –
Bumiayu)
12. Kyai Syathibi (Kyangkong – Kutoarjo)
13. KH. Anshor (Pepedan – Bumiayu)
14. KH. Hasbullah (Wonokromo – Yogyakarta)
15. Kyai Muhyiddin (Jejeran – Yogyakarta)
16. Haji Mahfudz (Purworejo)
Untuk para Mutakharrijiin (Alumni),
beliau senantiasa menjalin hubungan dan bimbingan, bahkan berupa kunjungan ke
tempat masing-masing.
Karomah KH.
M. Munawwir
KH. Abdullah Anshar (Gerjen –
Sleman) mengetahui beliau wafat, maka menangislah ia serta mengatakan tak
kerasan lagi hidup di dunia tanpa beliau. Setelah pulang ke rumah, KH. Abdullah
langsung menyusul pulang ke Rahmatullah.
Kyai Aqil Sirodj (Kempek – Cirebon)
dikala masih berusia sekitar 8 tahun belum bisa mengucap dengan jelas bunyi
“R”. Namun setelah minum air bekas cucian tangan beliau, langsung dapat membaca
“R” dengan jelas.
Kala mengajar, biasanya beliau sambil
tiduran, bahkan kadang benar-benar tertidur. Namun bila ada santri yang keliru
membaca, beliau langsung bangun dan mengingatkannya.
Saat baru berusia 10 tahun, beliau
berangkat mondok kepada KH. Cholil di Bangkalan, Madura. Sampai di sana, saat
akan dikumandangkan iqamat, KH. Cholil tidak berkenan menjadi imam shalat
seraya berkata: “Mestinya yang berhak menjadi imam shalat adalah anak ini
(yakni KH. M. Munawwir). Walaupun ia masih kecil tetapi ahli qira’at.”
Sewaktu awal di Tanah Suci, beliau
mengirimkan surat kepada ayahnya, menyatakan niat untuk menghapalkan al-Quran.
Namun ayah beliau belum memperkenankannya, sehingga berniat mengirimkan surat
balasan. Namun, belum sempat mengirimkan surat balasan, sang Ayah sudah
mendapat surat kedua dari putranya yang menyatakan bahwa ia sudah terlanjur
hafal. Dihafalkannya dalam waktu 70 hari (keterangan lain menyatakan 40 hari). Dan
masih banyak lagi karomah KH. M. Munawwir yang lainnya.
Maqalah KH.
M. Munawwir
1) Sebuah hadits riwayat Abi
Hurairah Ra. bahwa Nabi Muhammad Saw. Bersabda: “Wahai Abu Hurairah,
pelajarilah al-Quran dan ajarkanlah kepada orang lain. Tetaplah engkau seperti
itu hingga mati. Sesungguhnya jikalau kamu mati dalam keadaan seperti itu,
malaikat berhaji ke kuburmu sebagaimana kaum mukminin berhaji ke Baitullah
al-Haram.”
2) Sebuah sya’ir: “Semua ilmu
termuat di dalam al-Quran – Hanya saja orang-orang tak mampu memahami seluruh
kandungannya.”
3) “Jikalau engkau bermaksud akan
sesuatu, maka bacalah surat Yasin.”
4) “Kalau mengaji al-Quran, maka kajilah
sampai khatam, supaya menjadi orang mulia.”
5) “Waktu luang yang tidak digunakan
untuk nderes al-Quran adalah kerugian yang besar.
6) “Setelah seseorang hafal
al-Quran, maka haruslah ia Tidak suka omong kosong dan tidak menghabiskan
waktunya hanya untuk bekerja mencari dunia.”
7) “Wahai putera dan menantuku yang
mempunyai tanggungan al-Quran, apabila kalian belum lancar benar maka jangan
sampai merangkap apapun baik berdagang ataupun lainnya.”
8) “Orang hafal al-Quran
berkewajiban memeliharanya, maka dari itu jangan melakukan hal-hal -termasuk
menuntut ilmu- yang tidak fardhu, sekiranya dapat menyebabkan hafalannya
hilang.”
9) “Kalau kamu tidak mengaji qira’at
sab’ah kepadaku, maka mengajilah kepada Arwani Amin Kudus.”
10) “Buah al-Quran adalah kebahagiaan
dunia dan akhirat.”
11) Beliau berkata kepada KH.
Basyir: “Marilah uzlah seperti saya, guna mengajarkan al-Quran. Kalau kita
memikirkan harta dunia, maka akan binasalah al-Quran nanti.”
12) Beliau berkata kepada putri
beliau, Nyai Hindun: “Orang hafal al-Quran, mengamalkan isi kitab Majmu’ dan
Mudzakarat, insya-Allah menjadi orang shalihah.”
13) Beliau tidak mengijinkan
santri-santrinya menjadi Pegawai Negeri Pemerintah Penjajah pada waktu itu.
14) Beliau menyampaikan apa yang
pernah diterima dari guru beliau, KH. Cholil Bangkalan: “Apabila hidayah tiba,
permusuhan pun musnah. Jadilah engkau bagaikan Air, dibutuhkan oleh siapa dan
apa saja. Jika tidak begitu, maka jadilah seperti Batu, tidak ada bahaya maupun
manfaat (secara aktif –red). Janganlah engkau laksana Kalajengking, siapa
melihat maka ia pun takut.”
15) “Seyogyanya engkau hadiahkan
berkah surat al-Fatihah kepada segenap kaum muslimin yang masih hidup,
lebih-lebih diwaktu tertimpa marabahaya atau berperangai buruk, barangkali
dapat menjadi obatnya. Sebagaimana guru saya KH. Cholil pernah mengajarkan (di
nomor 16).”
16) Beliau menyampaikan apa yang
disampaikan guru beliau, KH. Cholil: “Teman-teman sekalian, jikalau engkau
menghadiahkan berkah surat al-Fatihah jangan hanya kepada muslimin yang sudah
meninggal saja, tetapi juga yang masih hidup, syukurlah jika kepadaku juga.
Sebab Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda: ‘UDDA NAFSAKA MIN AHLIL QUBUUR
(anggaplah dirimu termasuk ahli Qubur).”
17) “Apabila engkau memohon kepada
Allah, maka mohonlah Kesejahteraan (‘Aafiyah).”
18) “Kelak di akhir jaman, Shin akan
menguasai seluruh daerah.”
19) Sebuah sya’ir: “Aku tak bisa
mendapatkan kembali apa yang telah meninggalkan diriku, baik dengan LAHFA
(kalau), dengan LAITA (seandainya), ataupun dengan LAU-INNI (andaikan saya).”
20) “Selama saya masih hidup,
puteraku yang lelaki selalu saya suruh memakai kopyah. Sedangkan yang perempuan
segera saya carikan jodoh, tak usah menunggu orang lain yang datang
melamarnya.”
Wafat dan
Penerus KH. M. Munawwir
Sebagaimana manusia pada umumnya,
KH. M. Munawwir menderita sakit selama 16 hari. Pada mulanya terasa ringan,
namun lama-kelamaan semakin parah. Tiga hari terakhir saat beliau sakit, beliau
tidak tidur.
Selama sakit, selalu berkumandanglah
bacaan surat Yasin 41 kali yang dilantunkan oleh rombongan-rombongan secara
bergantian. Satu rombongan selesai membaca, maka rombongan lain menyusulnya,
demikian tak ada putusnya.
Akhirnya, beliau KH. M. Munawwir
wafat ba’da Jum’at tanggal 11 Jumadil Akhir tahun 1942 M di kediaman beliau di
komplek Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Dikala beliau menghembuskan nafas
terakhir, ditunggui oleh seorang putri beliau, Nyai Jamalah, yakni ketika
rombongan pembaca surat Yasin belum hadir.
Shalat Jenazah dilaksanakan
bergiliran lantaran banyaknya orang yang bertakziyyah. Imam shalat Jenazah kala
itu adalah KH. Manshur (Popongan – Solo), KH. R. Asnawi (Bendan – Kudus), dan
besan beliau KH. Ma’shum (Suditan – Lasem).
Beliau tidak dimakamkan di kompleks
Pesantren Krapyak, melainkan di Pemakaman Dongkelan, yakni sekitar 2 km dari
kompleks Pesantren. Dan sepanjang jalan itulah, terlihat kaum muslimin dari
berbagai golongan penuh sesak mengiring dan bermaksud mengangkat jenazah
beliau, sampai-sampai keranda jenazah beliau cukup ‘dioperkan’ dari tangan ke
tangan yang lain, sampai di Pemakaman Dongkelan.
Jenazah KH. M. Munawwir dikebumikan
di sana, dan selama lebih dari seminggu pusara beliau selalu penuh dengan
penziarah dari berbagai daerah untuk membaca al-Quran.
Beliau wafat meninggalkan Pesantren yang
merupakan tonggak pemisah suasana. Suasana sebelum dibangun pesantren, Krapyak
dikenal sebagai tempat rawan, penuh kegelapan, abangan dan sedikit yang
menjalankan ajaran Islam. Bersamaan dengan didirikannya Pesantren, banyak pula
usaha busuk dari golongan-golongan Klenik yang dengki dan selalu merintangi
perintisan Pesantren.
Namun upaya-upaya itu musnah, dan
suasana gelap beralih menjadi ramai dan meriah dengan alunan Ayat-ayat Suci
al-Quran dengan segala konsekuensinya.
Almarhum KH. M. Munawwir berwasiyat,
agar keluarga melanjutkan perjuangan Pesantren, tepatnya kepada 2 orang putra
dan 4 orang menantu. Akan tetapi karena beberapa udzur, perjuangan Pesantren
dikawal secara langsung oleh 3 tokoh yang dikenal sebagai Tiga Serangkai yakni;
1) KH. R. Abdullah Affandi (putra
beliau dari Nyai R.A. Mursyidah asal Kraton Yogyakarta). Disamping menangani
pengajian al-Quran, beliau juga mengurusi hubungan Pesantren dengan dunia luar.
Beliau wafat pada 1 Januari 1968.
2) KH. R. Abdul Qadir (putra beliau
dari Nyai R.A. Mursyidah asal Kraton Yogyakarta). Pada tahun 1953, para santri
penghafal al-Quran dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah wadah, yakni
Madrasatul Huffadz yang disponsori oleh KH. R. Abdul Qadir, dibantu KH. Mufid
Mas’ud (menantu KH. M. Munawwir), Kyai Nawawi (menantu KH. M. Munawwir) dan
Hasyim Yusuf dari Nganjuk. Ada 2 sistem yang ditempuh di Madrasatul Huffadz.
Pertama, adalah Sistem Perseorangan, yakni Kyai menurut kepada santri untuk
menghafalkan suatu ayat, surat maupun juz. Kedua, adalah Sistem Jama’ah
Mudarasah, yakni seorang santri disuruh menghafal suatu ayat, surat atau juz,
kemudian membacanya lantas berhenti dan dilanjutkan oleh santri yang lain,
demikian sampai khatam 30 juz. Untuk mentashhih kembali hafalan santri-santri
yang sudah khatam, maka diharuskan melakukan ‘Ardhah secara Musyafahah sampai
tiga kali khatam. Untuk menguji kelancaran hafalan, adalah dengan dibacanya
suatu ayat oleh Kyai dan santri disuruh melanjutkannya. Begitu pula ditanyakan
kepada santri tentang letak ayat tersebut dalam surat apa, halaman berapa,
bagian mana, lembar kiri atau kanan, ayat nomor berapa, sampai surat baru masih
berapa ayat lagi. Seperti itulah seluk beluk menghafalkan al-Quran di
Madrasatul Huffadz saat itu. Setelah hafal seluruh al-Quran, maka selama 41
hari dilanjutkan Mudarasah (nderes) dengan mengkhatamkan 41 kali juga. KH. R.
Abdul Qadir wafat pada 2 Februari 1961.
3) KH. ‘Ali Ma’shum (menantu beliau
asal Lasem, suami dari Nyai Hj. Hasyimah). Beliau sudah turut mengasuh
Pesantren sejak 1943. Beliau adalah perintis dan pengasuh pengajian kitab-kitab
selepas KH. M. Munawwir wafat, yakni sejak kepulangan beliau dari Tanah Suci
dalam rangka menimba ilmu. Dalam penyelenggarannya, beliau menerapkan beberapa
sistem, yakni Sistem Madrasi (Klasik) dan Sistem Kuliyah, yang masing-masing
dilengkapi dengan Pengajian Sorogan (individual). Adapun Pengajian Sorogan ini,
beliau berlakukan dengan model Semi-Otodidak, yakni dengan ditentukannya suatu
kitab oleh KH. ‘Ali Ma’shum untuk dikaji seorang santri. Tiap sore hari, santri
tersebut harus menghadap beliau untuk membaca kitab. Dalam hal ini, santri
harus berusaha mempelajarinya sendiri, baik dalam cara membaca maupun menela’ah
maknanya, baik dengan bertanya maupun berdiskusi dengan rekan dan kitab yang
sudah ada maknanya. Sedangkan KH. ‘Ali Ma’shum cukup menyimak bacaan santri
sambil mengajukan beberapa pertanyaan, dan membenarkan jika ada kesalahan
membaca maupun memahami isinya. Dengan sistem ini, beliau maupun santri telah
banyak menghemat waktu serta membuahkan hasil yang memuaskan lagi cermat. KH.
‘Ali Ma’shum wafat pada 1989.
Demikianlah estafet kepemimpinan
Pesantren terus bergulir, semakin berkembang seiring bertambahnya usia, baik
dalam metode maupun corak Pesantren, namun tak lepas dari sentuhan khas salafiyahnya.
Dan tentunya, tetap berkonsentrasi pada misi awal yang dirintis Sang Muassis
(Pendiri), yakni membumikan al-Quran, memasyarakatkan al-Quran dan
meng-al-Quran-kan masyarakat.
Biografi ini disadur dari Buku yang
berjudul “MANAQIBUS SYAIKH: K.H.M. MOENAUWIR ALMARHUM: PENDIRI PESANTREN
KRAPYAK YOGYAKARTA” yang diterbitkan oleh MAJLIS AHLEIN (Keluarga Besar Bani
Munawwir) Pesantren Krapyak, keluaran tahun 1975. Jadi jika Anda ingin
meng-COPYPASTE biografi beliau ini, mohon SERTAKAN PULA SUMBERNYA, yakni buku
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar